Manajemen Bisnis : Pengertian Hukum Bisnis



Apa sih Hukum Bisnis itu?

Hukum Bisnis atau Business Law sebenarnya adalah sebuah istilah akademisi maupun praktisi, sedangkan istilah lain dari Hukum Bisnis yaitu Hukum Dagang  (trade Law) dan Hukum Perniagaan (Commercial Law) atau Hukum Ekonomi (Economic Law).

Sedangkan arti dari bisnis sendiri adalah salah satu aktifitas usaha yang utama dalam menunjang perkembangan ekonomi. (bisnis = business = kegiatan usaha).
"Bisnis adalah keseluruhan kegiatan usaha yang dijalankan oleh orang atau badan secara teratur dan terus menerus yaitu berupa kegiatan mengadakan barang-barang atau jasa-jasa maupun fasilitas-fasilitas untuk diperjualbelikan, dipertukarkan, atau disewagunakan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.” (Richard Burton Simatupang).

Jika kalian bingung mengenai perbedaan dari masing-masing istilahnya, antara hukum dagang dan hukum ekonomi kalian hanya perlu fokus pada perbedaan ruang lingkupnya saja yaitu:

a). Hukum Dagang atau Hukum Perniagaan bersifat sempit :
  • Sumber hukum hanya dari KUHD "Kitab Undang - Undang Hukum Dagang"
  • Materi lain tidak termasuk dan tidak diatur oleh KUHD contohnya HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual, Jaminan Kredit dan Bisnis Internasional.
b). Hukum Bisnis atau Hukum Ekonomi bersifat luas :
  • Sumber hukumnya sangat luas yaitu dari KUHD, KUH Perdata dan perundangan- undangan lainnya.
  • Termasuk ekonomi makro dan mikro 
  • Ekonomi pembangunan
  • Ekonomi Manajemen
  • Ekonomi akuntansi
a).   “Hukum Dagang adalah seperangkat asas dan aturan yang diberlakukan oleh negara untuk mengatur suatu perilaku dan atau  diterapkan oleh  hakim untuk menyelesaikan perkara serta sebagai sarana kontrol sosial dan sarana lain dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang secara umum diterima untuk mencapai stabilitas dan keadilan.” (Bayu Seto, Diklat Kuliah Unpar)
b).   “Hukum Bisnis adalah keseluruhan kaidah/aturan yang berisi perintah, larangan yang mengikat seluruh anggota masyarakat dengan tujuan untuk mengadakan ketertiban, kepastian hukum dan keadilan.”

Selamat belajar, semoga dapat sedikit membantu.


Komentar

Popular Posts

Solve Your Install Packages Problem Error in R Studio

Exploring Japan: My Adventure with the MEXT Research Student Scholarship 2023

Berbagi Pengalaman Tes TOEIC (Test of English for International Communication) ETS