SAP Company Sejarah dan Ekspansi Usaha

SAP Ekspansi Usaha :


Dahulu kala segala hal berkaitan dengan pencatatan (record), pembukuan, dan pengolahan data dari karyawan, penjualan, pembelian perusahaan dilakukan secara manual. Namun semenjak munculnya komputer mekanis atau konsep mesin komputasi otomatis dibuat pada tahun 1822 oleh Charles Babbage (Referensi: Sejarah Komputer ) dan kemudian disusul dengan ditemukannya jaringan internet pada rentang waktu th 1965 - th 1968 (Referensi: Sejarah Internet), maka mulai bermunculan lah program - program pengolahan data yang dapat membantu pekerjaan administrasi manusia termasuk salah satunya SAP. 

Si SAP Company ini sendiri telah jauh berkembang saat ini, menjadi perusahaan penyedia layanan untuk skala international. Dewasa ini SAP menjadi salah satu pemimpin perusahaan Software terbaik didunia.

Sejarah SAP :

SAP AG (FWB: SAP NYSE: SAP) adalah perusahaan Jerman yang merupakan perusahaan perangkat lunak terbesar di Eropa. SAP didirikan pada tahun 1972 dengan nama Systemanalise und Programmentwicklung oleh 5 mantan karyawan IBM di Mannheim, Jerman. Kantor pusatnya di Walldorf, Jerman. Perusahaan ini mempekerjakan 35.873 pekerja pada tahun 2005

Tahun 1970-1979:

Pada tahun 1972, lima orang pencipta SAP dari mantan karyawan IBM yaitu: Dietmar Hopp, Hans-Werner Hector, Hasso Plattner, Klaus Tschira, dan Claus Wellenreuther, memulai sebuah perusahaan baru bernama Sistem, Aplikasi, dan Produk di dalam Pengolahan Data di Mannheim, Jerman.
Visi SAP adalah untuk mengembangkan standar aplikasi perangkat lunak dalam proses bisnis waktu yang nyata. Setelah Satu tahun,berawal pembuatan perangkat lunak khusus akuntansi keuangan telah dibuat lengkap, kemudian membentuk dasar untuk melanjutkan pengembangan dari komponen-komponen perangkat lunak lain di dalam waktu yang akan datang akan dikenal sebagai “sistem R / 1.” R “berdiri untuk pengolahan data waktu yang nyata. Pada akhir dekade, dari pemeriksaan intensif SAP dari database IBM dan dialog mengarah ke sistem kontrol (mainframe based) maka lahirnya SAP R / 2.
ket : R/3 adalah “R” singkatan dari realtime dan angka 3 berarti ‘3 tier client-server architecture’ (database layer-application layer-presentation layer). 3-tier architecture dari SAP adalah: database, application server dan client (SAPgui) Atau untuk mudahnya untuk menjalankan system SAP membutuhkan 3 server yang saling berhubungan

Tahun 1980-1989:
SAP pertama kali bergerak di dalam perusahaan di Max-Planck-Strasse di sebuah area industri di Walldorf, dekat Heidelberg. Perangkat lunak ini telah mengembangkan areanya dan mengembangkan 50 terminal di bawah satu atap. Lima puluh dari 100 perusahaan industri terbesar di Jerman sudah menjadi pengguna sistem sap. sistem SAP R / 2 telah mencapai tingkat tingginya stabilitas dari program generasi sebelumnya. Dengan menjaga konsistensinya sendiri terhadap pelanggan multinasional, maka desain SAP R / 2 dapat menangani berbagai bahasa dan mata uang. Hal seperti ini dengan inovasi lainnya di SAP R / 2, maka SAP dapat berkembang. Dengan melihat area wilayah bagian tengah, SAP pertama kali menemukan “organisasi penjualan” di Austria. Perusahaan dapat membuat penampilan pertama di CeBIT computer fair di Hanover, Jerman. Pendapatan mencapai 100 juta DM (sekitar $ 52 juta), mendekati dari harapan. Pada bulan Agustus 1988, SAP GmbH mendatangkan SAP AG. Dimulai pada 4 November, 1,2 juta saham yang terdaftar di Frankfurt dan Stuttgart di bursa saham. Jerman menjadi terkenal di jurnal bisnis, pengelola majalah, karena nama Perusahaannya SAP untuk tahun itu dan karena adanya suatu perbedaan maka perusahaan ini menerima dua kali lebih penghargaan dalam beberapa tahun itu. Dengan mendapatkan anak perusahaan di Denmark, Swedia, Italia, dan Amerika Serikat, SAP internasional membutuhkan ekspansi yang dapat melompat ke depan.
Tahun 1990-1999:
SAP R/3 secara resmi muncul 6 July 1992 dan diberi nama SAP ERP. konsep Client-server, yaitu tampilan seragam dari grafis antarmuka, penggunaan konsisten dari penghubung database, dan kemampuan untuk menjalankan di komputer yang berbeda dari suatu vendor ke vendor lain dengan adanya persetujuan. Dengan SAP R/3 maka pengguna SAP dalam generasi baru di perusahaan perangkat lunak dapat memulai dari “Mainframe computing terhadap tiga tingkat arsitektur data, aplikasi, dan user interface”. Untuk hari ini, arsitektur client-server adalah standar dalam bisnis perangkat lunak. Pertumbuhan jumlah anak perusahaan yang dikelola di Walldorf. Penjualan baru dan Pengembangan di Pusat Walldorf secara resmi membuka pintu. Ia melambangkan global keberhasilan perusahaan. Dalam dua puluh tahun, bisnis perusahaan ini di luar Jerman melebihi 50 persen dari total penjualan untuk pertama kali. Tahun 1996, perusahaan mampu memiliki 1.089 SAP R/3 pelanggan baru. Pada akhir tahun, SAP R/3 telah digunakan lebih dari 9.000 sistem di dunia luar. SAP merayakan ulang tahun yang ke dua puluh lima pada tahun 1997 dan sekarang mempekerjakan sekitar 12.900 orang. Perusahaan ini terus fokus memperkuat industri dan membangun lebih banyak dan lebih spesifik ke solusi industri. Henning Kagermann menjadi Co-Chairman dan Hasso Plattner menjadi CEO SAP AG. Pada tanggal 3 Agustus, 1998, huruf SAP muncul untuk pertama kalinya di Big Board di New York Stock Exchange (NYSE), pasar saham terbesar di dunia. Sebagai dekade mengacu keseimbangan maka Hasso Plattner, Co-founder, Co-Chairman dan CEO mengumumkan strategi dengan menggunakan “mySAP.com” dan memulai awal baru bagi perusahaan dan produk.
Tahun 2000 – hingga kini dimasa milenial :
Dengan internet, maka pengguna akan menjadi fokus dari aplikasi perangkat lunak dengan mengembangkan SAP workplace dan melapisi ide suatu portal perusahaan sehingga mendapatkan peran khusus untuk akses informasi. Saat ini, lebih dari 12 juta pengguna setiap harinya bekerja dengan SAP solusi. Sekarang terdapat 121.000 pengguna di seluruh dunia, lebih dari 1500 mitra SAP, lebih dari 25 industri solusi bisnis yang spesifik, dan lebih dari 41.200 pelanggan di 120 negara. SAP adalah dunia ketiga terbesar vendor perangkat lunak secara independen.
Saat ini SAP dipakai lebih dari 12 juta user, dan 121.000 instalasi yang telah terinstall di 41.200 perusahaan dan lembaga pemerintahan di 120 negara.


Kegunaan SAP :

SAP memiliki beberapa modul , dan disetiap modulnya mempunyai fingsi dan kegunaan masing masing, berikut daftar modul beserta fungsinya yang ada di SAP


SD – Sales & Distribution
Membantu meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales, shipping dan billing).

MM – Materials Management
Membantu menjalankan proses pembelian (procurement) dan pengelolaan inventory.

PP – Production Planning
Membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi (manufacturing) suatu perusahaan.

FI – Financial Accounting
Mencakup standard accounting cash management (treasury), general ledger, account payable, account receiveable dan konsolidasi untuk tujuan financial reporting.

CO – Controlling
Mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa profitabilitas.

Dengan mengimplementasikan SAP di suatu organisasi akan mengintegrasikan sistem yang berakibat:

Perubahan yang dilakukan pada satu modul secara otomatis akan mengupdate modul yang lainnya bila informasi yang dirubah berkaitan dengan modul tersebut. Data akan terupdate secara langsung begitu user menginput data ke dalam sistem. Hal ini yang dikenal dengan istilah “real-time processing“.

Integrasi secara sistem bisa terjadi dengan syarat bahwa seluruh perusahaan harus menggunakan satu sumber data yang sama, baik untuk data customer, data product maupun data vendor.

Komentar

Popular Posts

Solve Your Install Packages Problem Error in R Studio

Exploring Japan: My Adventure with the MEXT Research Student Scholarship 2023

Berbagi Pengalaman Tes TOEIC (Test of English for International Communication) ETS