Mengenal Ekonomi Mikro "Micro Economy"


Ketika kalian sedang pergi berbelanja di pasar, supermarket, atau mall seringkali pandangan kalian terganggu oleh deretan iklan diskon/potongan harga yang ditampilkan penjual.

Mereka, "Para Penjual", mencoba menebak atau menerka-nerka perilaku pembeli atau biasa disebut dengan market demand untuk membuat formula penjualan (harga dan jenis produk) yang tepat.

Nah.. ilmu yang secara khusus mempelajari dan menganalisis bagian terkecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi ini sering disebut juga Micro Economy atau Ekonomi Mikro. Ilmu ini adalah pengenalan awal dari kerangka besar suatu sistem ekonomi, sebelum kita mempelajari sistem ekonomi secara global melalui ilmu Macro Economy atau Ekonomi Makro.

Secara mudahnya ekonomi mikro adalah ilmu yang berfokus kepada perilaku konsumen dan produsen yang mempengaruhi dan menentukan harga pasar juga kuantitas (jumlah) faktor input variabel. Variabel ini dapat berupa permintaan pasar dll, yang mempengaruhi produk dan jasa yang ditawarkan dalam pasar.

Kegiatan ekonomi apa saja yang termasuk dalam bagian terkecil "Ekonomi Mikro"?

Selain kegiatan pasar, kegiatan ekonomi tersebut bisa juga berupa kegiatan rumah tangga, kegiatan perusahaan kedua hal ini nantinya akan bermuara ke kegiatan pasar.

Yang perlu diingat bahwa pada dasarnya penjual akan selalu berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal sedangkan konsumen akan selalu berusaha untuk memenuhi seluruh kebutuhannya.

Berdasarkan pengertian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa muara dari Ekonomi Mikro adalah kegiatan pasar sehingga untuk memahaminya kita perlu belajar dasar dari :

1. Teori Pasar , >> Download Materi

Setelah paham mengenai teori pasar beserta jenis - jenis pasar yang ada di dalamnya kita akan lebih mendalami mengenai salah satu jenis pasarnya yaitu " Pasar Monopoli " :
2. Pasar Monopoli 1, >> Download Materi
3. Pasar Monopoli 2, >> Download Materi

Untuk mengenal lebih dekat tentang permasalahan yang ada dan ditimbulkan melalui :
4. Diskriminasi Harga >> Download Materi
5. Pasar Monopoli dan Diskriminasi Harga, cek materi berikut ini klik artikel.

Silahkan download materi dalam bentuk makalah di atas untuk lebih detailnya, beberapa materi penulis dapatkan asli dari hasil perkuliahan S1 Manajemen Bisnis, beberapa lagi hasil literatur dari internet. Silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar jika kalian ada pertanyaan lebih lanjut.

Sampai jumpa lagi dimateri selanjutnya!!!

Komentar

Popular Posts

Solve Your Install Packages Problem Error in R Studio

Exploring Japan: My Adventure with the MEXT Research Student Scholarship 2023

Berbagi Pengalaman Tes TOEIC (Test of English for International Communication) ETS